Selamat sore #SahabatPengayoman, 10 Desember nanti kita memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia. Tahun ini kita memperingati Hari HAM yang ke-72 dan mengambil tema “Recover Better–Stand up for Human Rights”.

Sejarah peringatan Hari HAM Sedunia berawal dari kekejaman Perang Dunia ke-II (1939-1945) yang memberikan pelajaran penting bagi masyarakat dunia. Agar tragedi serupa tidak terulang kembali, Majelis Umum PBB menyepakati Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM).

Tahun 1947 Anggota Komisi Umum PBB merumuskan draft awal DUHAM. Pada 10 Desember 1948, DUHAM diadopsi oleh Majelis Umum PBB. 10 Desember 1950 Majelis Umum PBB menerbitkan resolusi 423 yang berisi himbauan, semua negara anggota dan organisasi PBB untuk setiap tahunnya mengingat 10 Desember sebagai Hari HAM Internasional.

Momentum ini menjadi pertama kalinya diperingati sebagai Hari HAM sedunia. Sejak saat itu, masyarakat dunia termasuk Indonesia memperingati hari HAM pada tanggal 10 Desember setiap tahunnya.

Ketika Majelis Umum PBB mengadopsi deklarasi yang terdiri atas bagian pembukaan dan 30 pasal yang mengatur tentang HAM ini, sebanyak 48 dari 58 negara anggota PBB menyatakan dukungan, 8 abstain, dan 2 tidak ikut voting.

Kalo kita ngomongin sejarah kunonya Hari HAM, zaman duluuu banget, di tahun 539 sebelum masehi, pasukan Raja Cyrus dari Persia kuno menaklukkan wilayah Babilonia. Raja Cyrus membuat kebijakan cikal bakal HAM yang kemudian dikenal dengan Cyrus Cylinder.

Catatan kuno ini sekarang telah diakui sebagai piagam HAM pertama di dunia, dan kini telah diterjemahkan ke dalam enam bahasa resmi PBB. Isi ketentuannya paralel dengan empat artikel pertama DUHAM.

Kementerian Hukum dan HAM melalui @ditjenham terus berupaya meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat yang berbasis HAM dengan menjunjung tinggi atas Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan, dan Pemenuhan HAM (P5 HAM), karena setiap orang memiliki kedudukan, hak, dan kesempatan yang sama dalam setiap hal.

Sekian informasi tentang sejarah Hari HAM. Semoga dapat bermanfaat bagi #SahabatPengayoman semua

#HariHAM2020

#KumhamPasti

#Kumham25


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.