SIBORONGBORONG – Selasa (10/5/2022) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Siborongborong, Parlindungan Siregar, A.Md.IP., SH. Melaksanakan Penandatanganan naskah perjanjian kerjasama antara Lapas Siborongborong dengan Dinas Pertanian Tapanuli Utara, Dinas Ketahanan Pangan dan UPTD Blk Silakitang.

Kerjasama yang dibangun Lapas Siborongborong dengan Dinas Pertanian Tapanuli Utara, Ir. SEY Pasaribu M.Sc. Dinas Ketahanan Pangan, Ir, Longgos Pandiangan dan UPTD Blk Silakitang, Susy Magdalena Silaban, STP, M.Eng. ini bertujuan untuk peningkatan kualitas layanan pemasyarakatan dan merupakan Kolaborasi yang dilakukan dengan pihak eksternal yang terus dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas IIB Siborongborong.

Penandatanganan kerjasama ini juga akan digunakan sebagai dasar dalam pemberdayaan warga binaan untuk menghasilkan produksi di sektor pertanian dan perikanan, meubler dan lainnya.

Dimana setelahnya akan di adakan pelatihan kemandirian bagi warga binaan berupa Meubel, pengelasan, instalasi listerik, peternakan  dan pertanian guna meningkatkan keterampilan dan kreativitas bagi warga binaan yang sekiranya membawa nilai positif.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Siborongborong, Parlindungan Siregar juga menyampaikan bahwa acara ini selain untuk pengembangan bakat warga binaan juga sebagai sinergi antar Lapas dengan instansi pemerintahan daerah. Semangat dalam perjanjian dan pelatihan ini adalah pemberdayaan karena tujuan lapas ini adalah reintergrasi sosial, agar setelah keluar dari lapas, kehidupan mereka menjadi lebih baik lagi.” Ujar nya.

Selain penandatanganan naskah perjanjian kerjasama, acara dirangkaikan dengan pembukaan pelatihan bagi warga binaan pemasyarakatan. Sesuai laporan ketua pelaksana, Kasi Binadik dan Giatja, Serasi, SH bahwa pelatihan ini akan berlangsung selama 14 hari kerja. Dimana 120 orang warga binaan akan mengikuti pelatihan ini.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara, Ir. SEY Pasaribu M.Sc. memberikan gambaran terkait pelatihan yang akan dilaksanakan. Ia juga sangat mengapresiasi Lapas Siborongborong yang mana sangat peduli akan aktiftas pembinaan dan pelatihan kerja yang berlangsung.

“Dengan adanya pelatihan ini agar warga binaan mendapat ilmu dalam bidang pertanian maupun perikanan. Sehingga ketika mereka bebas, mereka sudah mempunyai keterampilan dan dapat di aplikasikan, dan tentunya ini dapat menjadi ladang rezeki untuk keluarganya”, ujarnya. (Humas Lasibor).


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.