Pelatihan kemandirian merupakan suatu wadah dalam mengembangkan minat dan bakat warga binaan pemasyarakatan (WBP) sebagai bekal mereka untuk kembali dan diterima oleh masyarakat. Sebanyak 20 orang warga binaan mengikuti program pembinaan kemandirian pelatihan menjahit dan laundry di Lapas Klas IIB Siborongborong, Jumat (17/04/2020).

Pelaksanaan kegiatan pembinaan kemandirian narapidana berupa pelatihan menjahit di Lapas Siborongborong, dibuka langsung oleh Kalapas M. Pithra Jaya Saragih, Amd.IP, SH, MH. Tidak lain dalam rangka menciptakan manusia yang kreatif dan inovatif serta dapat menghasilkan PNBP bagi negara. Dengan tujuan menampung dan menyeleksi minat dan bakat, memberikan pengetahuan usaha mandiri dan meningkatkan produksi hasil kerja yang baik. Lapas Kelas IIB Siborongborong akan terus berupaya menciptakan produksi yang bersifat karya melalui kegiatan kerja narapidana, demikian menurut Kalapas.

Dia menuturkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan warga binaan yang ada di Lapas harus diberikan pelatihan agar setelah mereka bebas tidak menjadi beban keluarga, daerah dimana tinggal dan tidak mengulangi perbuatannya.

Pada hakikatnya WBP sebagai insan dan sumber daya manusia (SDM) harus diperlakukan dengan baik dan manusiawi. Kerjasama antar petugas dan WBP serta peran serta masyarakat sangat diperlukan demi terwujudnya suatu sistem pembinaan yang terpadu. Kemudian dalam pelaksanaannya pembinaan diperlukan subjek dan objek pendukung yang baik. Dalam perkembangannya program kemandirian ini dijadikan proyek perubahan yang menjadi program unggulan untuk mencapai tujuan Lapas Produktif.

Dengan adanya kegiatan pembukaan pelatihan menjahit dan laundry, lapas Siborongborong tidak melupakan protokol tentang pencegahan penyebaran COVID 19 dengan menjalankan SOP tentang pencegahan covid 19 yang telah ditetapkan, dimana setiap orang yang memasuki area lapas harus mengikuti SOP yang diberlakukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun di wastafel yang telah disediakan, memasuki bilik sterilisasi untuk penyemprotan disinfektan, mengecek suhu badan sebelum memasuki area dalam lapas. (Humas Lasibor)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.